SUZUKI SX4

suzuki sx4

suzuki sx4

Segmen crossover  bermesin 1.500 cc belum lama bercokol di Indonesia, namun pasarnya sangat menggembirakan. Kebetulan pemain di sini belum banyak, dan Suzuki SX4 memang pantas disebut rajanya. Bahkan penjualan crossover  ini mirip-mirip kelas Compact Hatchback  yang notabene lebih dulu populer.

Kesukaan konsumen Indonesia pada SX4 terletak pada beberapa hal. Pertama adalah ground clearance  tinggi, 175 mm, dipadu ban besar yang meningkatkan kemampuan menembus berbagai macam medan. SX4 juga memukau dalam hal desain yang unik dan khas.

Wajar saja karena Suzuki membayar desainer kondang Italia, Italdesign, untuk mendesain mobil ini. Belum lagi didukung jaringan servis Suzuki yang tersebar luas di Tanah Air.

Saking banyaknya permintaan, kerap terjadi harga jual bekas SX4 mirip dengan harga barunya. Dan mobil ini memang menjadi ‘hot item’  para pedagang mobil bekas karena sangat mudah terjual kembali.

Bagi Anda yang berminat membeli SX4, tak perlu terlalu pusing akan kondisinya. Selain relatif masih baru, ketangguhan SX4 juga tergolong baik.

History
Suzuki SX4 diperkenalkan ke Indonesia pada 2007, tak lama setelah Swift. Meski bentuknya sangat berbeda dengan saudaranya, sesungguhnya SX4 berbagi basis dan penggerak dengan Swift, termasuk mesin 1.496 cc VVT-nya.

Namun tenaga mesin yang tadinya 110 dk di Jepang, diturun menjadi 100 dk lantaran disesuaikan dengan kondisi bbm di Tanah Air. Apalagi konsumen di Indonesia tetap memerlukan kendaraan yang masih mampu mengkonsumsi bensin Premium.

Pertama kali masuk Indonesia, Suzuki sebetulnya masih mencoba pasar baru ini, makanya mereka hanya memasukkan SX4 dalam kondisi CBU. Namun itu tak menyurutkan minat konsumen untuk membelinya. Bahkan inden SX4 bisa mencapai 6 bulan lebih saat itu, membuat para spekulan menjual SX4 bekas dengan harga sama atau bahkan melebihi unit barunya.

Melihat animo yang begitu tinggi, di kuartal pertama 2008 Suzuki pun memproduksi SX4 di dalam negeri secara CKD. Hebatnya, tidak terjadi penurunan kualitas sama sekali bahkan audio terintegrasinya juga dipertahankan. Malahan, rem belakang yang tadinya teromol diganti cakram pada versi CKD.

Suzuki SX4 versi CKD ini juga berhasil menaklukkan tantangan Trans Sulawesi bersama Auto Bild, yang sekaligus menunjukkan ketangguhannya. Kepercayaan konsumen pun tetap terjaga sehingga penjualan SX4 masih terus menggembirakan.

Selain itu, SX4 juga memperkenalkan varian baru yakni X-Road alias Crossroad. Dibanding varian X-Over yang sama persis dengan versi CBU, Crossroad mengalami pengurangan di beberapa bagian seperti body kit,  pelek dan ban berukuran lebih kecil, serta head unit integrated.  Sayangnya Crossroad kurang diminati sehingga Suzuki menghentikan produksinya di awal 2010.

Versi facelift  baru saja diluncurkan dan memiliki penambahan dan perubahan seperti lampu HID, pelek, dan beberapa bagian di desain interior

SUZUKI SX4 RC1

SX4 RC1

SX4 RC1

perkenalkan Suzuki SX-4 RC1 NEW dengan tampilan lebih sporty dan daya maksimal. Mobil dengan desain mengkilap dan elegan.SX4 RC1 NEW ini adalah perpaduan sporty compact car dan light SUV yang menggunakan mesin penggerak berkapasitas 1500 cc. Mobil ini juga dilengkapi teknologi DOHC VVT yang mampu menghasilkan akselerasi mumpuni sekaligus efisien bahan bakar.
Tak hanya itu saja, beberapa fitur baru juga disematkan pada mobil ini. SX4 RC1 NEW sendiri adalah varian sporty dari SX4 yang sebelumnya telah dikeluarkan Suzuki di Indonesia. ”Mobil persembahan Suzuki bagi mereka yang berselera sporty namun tetap elegan,” ujarnya.
Sedangkan untuk bagian eksterior atau bagian luar mobil, terlihat perubahan pada bagian front bumper dan fog lamp, side mirror dengan signal lamp, rear upper spoiler yang sporty, rear combination lamp, reverse sensor, dan alloy wheel 17 inci.
SX4 RC1 NEW diluncurkan dalam pilihan warna, seperti Silky Silver, Graphite Grey dan Pearl White. Untuk memacu performanya, mobil ini menggunakan suspensi depan Mac Pherson Strut yang mampu meredam getaran secara signifkan, dan suspensi belakang menggunakan Torsion Beam yang mampu meminimalisir guncangan.
”Kenyamanan berkendara sudah didapatkan sejak baru naik, Menariknya, mobil ini juga dilengkapi dengan ventilated disc (ABS+EBD+BA). Sedangkan dari sisi interior, desainnya mobil ini sangat nyaman dengan kualitas terjaga. Ruang kabinnya pun tergolong lega, termasuk ruang bagasi yang luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s